Rabu, 21 Oktober 2009

belajar komputer

Tentang Buku

Sebuah buku yang memberikan tuntunan praktis belajar komputer bagi pemula yang ingin belajar sendiri, atau bisa dijadikan modul kursus komputer / materi kuliah komputer.

Pembahasan dalam buku ini dimulai dengan pengenalan perangkat komputer, tata cara memulai penggunaan komputer, kemudian dilanjutkan dengan pengenalan terhadap sistem komputer, software-software yang diperlukan, tata cara mengetik dengan baik, serta pengenalan jenis-jenis file komputer.

Tujuan buku ini adalah untuk memandu pemula dalam menggunakan komputer, lalu memberikan metode-metode praktis di dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari yang memerlukan komputer.

Walaupun sederhana dan mendasar, pembahasan dalam buku kemudian diarahkan agar peserta belajar bisa mengerjakan contoh-contoh latihan yang disediakan dengan cara yang mudah, efektif, dan efisien. Contoh-contoh dokumen yang digunakan dalam latihan diambilkan dari dokumen-dokumen real (nyata) yang dibuat oleh kalangan bisnis, pemerintahan, sosial, maupun pribadi. Bagi anda yang merasa sudah mahir menggunakan komputer, anda bisa mengukur kemampuan anda dengan membandingkan cara yang diberikan dalam buku ini dengan cara yang anda gunakan, mana yang lebih efektif dan efisien.

Selanjutnya, peserta belajar akan dipandu untuk terus meningkatkan kemampuan dengan mengerjakan contoh-contoh latihan yang semakin kompleks yang memerlukan banyak keterampilan dalam menggunakan fasilitas program, hingga akhirnya peserta belajar bisa mengelola sendiri file-file dokumen yang dibuatnya dan mengatur setting pada sistem operasi Windows.

Dengan mengikuti seluruh pembahasan dan latihan yang tersedia dalam buku ini, diharapkan peserta belajar menjadi mahir dalam menggunakan komputer tanpa bantuan orang lain lagi dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari.

Jika dipadankan dengan kursus komputer, materi yang disediakan dalam buku ini dapat diselesaikan dalam waktu 12 hari, dimana setiap hari menggunakan waktu 1,5 jam (total jam = 18 jam).

Bagi anda yang sudah mahir menggunakan komputer, buku ini cocok untuk anda hadiahkan kepada saudara atau kerabat anda yang perlu belajar menggunakan komputer. Mengajari sendiri tanpa metode pengajaran susah bukan? Jika anda membacanya sendiri, anda akan menemukan banyak tip dan trik yang bisa anda gunakan untuk mempermudah meyelesaikan pekerjaan anda. Jujur saja, tidak semua fasilitas program Word dan Excel sudah kita gunakan, padahal kita membutuhkannya. Kita hanya tidak mengetahui keberadaan fasilitas tersebut, atau tidak tahu cara menggunakannya...

Milikilah buku ini sebagai kelengkapan pengetahuan anda, atau jika anda merasa sudah cukup dengan kemampuan yang anda miliki, hadiahkanlah buku ini bagi kerabat terdekat anda agar mereka juga tidak terlalu awam komputer.

Buku ini didisain agar bisa digunakan oleh pemula yang ingin belajar sendiri, dan pembahasan yang disajikan insya Allah bisa diikuti oleh (mulai dari) pelajar SMP.
Materi yang diberikan disusun agar bisa diberikan pada kursus komputer dengan pola 3 kali seminggu @ 1,5 jam pertemuan selama 1 bulan. Materi-materi ini merupakan kompilasi dari banyak sumber/bahan/modul kursus yang diberikan pada pelajar SMP, Kursus Komputer (paket Office/Computer for Office Application), dan mata kuliah komputer pada program Diploma Kesekretarisan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar